Latest News

Pendidikan - 5 Dongeng Sukses Pengusaha (Wirausaha) Indonesia



1.     Kisah  Sukses Pengusaha Dari Nol
Kali ini tiba dari Abidin Hasibuan seorang atasan SN(Sat Nusapersada) asal Batam.  Saat ini, SN telah mempunyai 10 pabrik dengan jumlah seluruh karyawan hingga 4 ribu orang dan ekspor produknya hingga ke 8 negara, omsetnya mencapai Rp 1,6 hingga 2 triliun. 

Semua berawal dari mimpinya ketika kelas 3 SD, yaitu ia ingin mempunyai perusahaan  sendiri yang mempunyai 4 lantai.

ali ini tiba dari Abidin Hasibuan seorang atasan SN Pendidikan -  5 Kisah Sukses Pengusaha (Wirausaha) Indonesia


Baca Juga :


Namun apa daya hingga usianya 30 tahun ia belum sanggup mencapai mimpinya itu. Apapun ia kerjakan demi tercapainya mimpi itu, jadi preman pun ia lakoni bahkan menjadi calo paspor. Yang terpenting baginya ialah jangan hingga memvonis diri sendiri.

Abidin Hasibuan menyebutkan 4 hal menjadi sukses, berikut ulasannya:
a.     Percaya Diri
Apapun yang kita lakukan, kita harus percaya dan yakin bahwa diri sanggup melakukannya.

b.     Berkomitmen dan mempunyai kepercayaan
Misal jikalau kita memegang dana Rp5 miliar, maka orang miliki kepercayaan pada kita Rp20 miliar. Berarti Jumlahnya menjadi Rp25 miliar, sehingga dengan kepercayaan itu kita miliki aset sebesar Rp 25 miliar.

Siapa sangka Abidin sebelum berada di SN ia pernah satu hari tak makan, dan kalau lapar hanya meminum air putih saja. Untuk itu kepercayaan sangatlah penting,  sebab jikalau seseorang dibohongi satu kali maka esoknya ia tak akan percaya.

c.      Bekerja keras
Jadi orang haruslah bekerja keras jikalau inginkan  keberhasilan, dan citanya sanggup terwujudkan. Abidin juga pernah alami masa rumit ketika membesarkan Sat Nusa. Saat itu untuk membayar karyawannya yang berjumlah 5 orang ia meminjam uang dari pengusaha asal Batam.

d.     Menurut garis tangan dan keberuntungan
Ada yang mencoba untuk menjadi seorang pengusaha namun yang terjadi hanyalah hutang yang terus membelit dan bisnisnya tak kunjung berkembang.

Ia yakin bahwa kesuksesannya berkat nasibnya yang baik dan kerja keras yang ia lakukan dengan sungguh-sungguh. Menurutnya ”Jika perusahaaan belum masuk dalam daftar bursa,maka bisa di katakan perusahaan belum sukses,” kata Abidin.

Dalam memasukkan perusahaannya dalam daftar bursa, ia berusaha selama 6 bulan lamanya. Dia berpesan bahwa jikalau menjadi Pengusaha janganlah curang dan harus taat pajak. Biasanya ada yang menciptakan tiga pembukuan dalam perusahaan yang fungsinya untuk internal, perbankan, dan untuk perpajakan.

Itu menciptakan rusak perusahaan yang dijalani. Untuk itu jadilah pengusaha yang jujur biar menjadi pengusaha yang sukses menyerupai Abidin Hasibuan.
Dan jangan hingga terjerembab dalam menkonsumsi obat terlarang. Jalan perjuangan niscaya terdapat kemunduran dan kemajuan.

Abidin Hasibuan ialah salah satu tokoh yang mengawali usahanya dari nol, bahkan itu tiba dari mimpinya ketika ia masih di kelas 3 SD, dan ternyata mimpinya menjadi kenyataan. Tekatnya yang sangat berpengaruh menjadikannya sesukses sekarang. Keadaan yang sulit bukan halangan untuk maju, namun hanya sebesar apakah kemauan dan perjuangan kita untuk merubahnya.


2.     Kisah Sukses Pengusaha Dari Berkebun Anggrek
Seorang petani anggrek dari Lembang yang berjulukan Rizal Djafarer. Rizal Djafarer lahir di Rengat, Kepulauan Riau pada tahun 1955. Beliau ialah lulusan Insitut Teknologi Bandung yang kemudian sukses menggeluti perjuangan kebun anggrek.
ali ini tiba dari Abidin Hasibuan seorang atasan SN Pendidikan -  5 Kisah Sukses Pengusaha (Wirausaha) Indonesia

Anggrek ialah salah satu tanaman hias yang mempunyai nilai jual yang tinggi sebab keindahan dan keragamanya.. Harga anggrek ketika ini bisa mencapai jutaan rupiah.

Pohon anggrek tidak hanya dipasarkan didalam negeri saja akan tetapi juga sudah merambah pasar internasional di banyak sekali negara. Salah satu orang yang telah sukses menekuni perjuangan di bidang kebun anggrek yaitu Rizal Djaafarer.

Rizal Djafarer memulai perjuangan di bidang kebun anggrek ini atas dasar banyaknya permintaan pasar dan langkanya persediaan di alam bebas. Hal inilah yang memacu Rizal Djafarer untuk membudidayakan sendiri anggrek-anggreknya.

Di daerah kebun anggreknya di daerah Lembang, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat itu, ditanam banyak sekali macam jenis anggrek yang telah diekspor ke banyak sekali negara.

Untuk dapat  mencapai lokasi di mana kebun anggrek Rizal Djafarer  berada, dari arah Jakarta sanggup ditempuh melewati jalan tol dari arah Cipularang menuju arah Bandung. Kemudian sanggup eksklusif diteruskan menuju ke arah Lembang.
Di areal kebun yang mencapai luas 2 hektar dan berada dalam satu daerah dengan rumah Rizal Djafarer  inilah, anggrek-anggrek ditanam.

Berbagai macam jenis tanaman anggrek sanggup ditemukan di sini, menyerupai anggrek jenis Dendrobium, Vanilla, Phalaenopsis atau atau yang biasa disebut anggrek Bulan, Miltona, Cathalia dan lain-lain. Rizal Djafarer telah menekuni perjuangan kebun anggrek ini semenjak tahun 1985 hingga jadinya mencapai kesuksesanya ketika ini.

Rizal Djafarer yang lulusan Insitut Teknologi Bandung  ini pada awalnya bekerja sebagai arsitek. Akan tetapi kemudian beliau beralih perjuangan menjadi seorang petani anggrek.

Setelah Beliau menekuni perjuangan kebun anggrek ini selama 21 tahun, Rizal Djafarer kini bisa memetik hasil dari jerih payahnya. Bunga anggrek miliknya tidak hanya dipasarkan di Indonesia saja, akan tetapi juga sudah diekspor ke luar negeri.

Di rumah dan kebun bunganya ini, Rizal Djafarer tidak hanya memelihara anggrek saja tetapi juga mengembangbiakkan dengan cara persilangan antar jenis.

Setiap hari, Rizal Djafarer membuatkan anggreknya dengan dibantu oleh 7 orang karyawan, Rizal membudidayakan anggreknya di dalam botol. Dari setiap satu botol ini,  akan dihasilkan kurang lebih 30 pohon anggrek. Melalui persilangan itulah Rizal Djafarer mencoba menemukan anggrek jenis baru.

Kini Rizal Djafarer juga aktif telah  membuatkan pohon anggrek di beberapa daerah di luar pulau, menyerupai di Kalimantan, Sumatera Barat, Bali dan lain-lain.

Kepada siapa saja yang berminat untuk  menggeluti perjuangan di bidang kebun anggrek, Rizal Djafarer juga bersedia untuk membagi ilmunya, dan kebun anggreknya juga selalu terbuka untuk siapa saja  yang berminat berguru membudidayakan anggrek.


3.     Kisah Sukses Wirausaha Roti
Pria 45 tahun seorang lulusan pondok pesantren yang berjulukan Reza Malik yang berhasil menjalankan bisnis rotinya. Walaupun ukuran usahanya masih pada taraf  UKM  namun dalam satu hari perjuangan ini sanggup menghabiskan tepung terigu hingga 150 bal.
ali ini tiba dari Abidin Hasibuan seorang atasan SN Pendidikan -  5 Kisah Sukses Pengusaha (Wirausaha) Indonesia

Riz-Qy, itulah sebutan produk roti nya. Ia mempunyai sejumlah armada untuk memasarkan produknya serta mempunyai 3 toko yang dipegangnya. Diantaranya ialah 50 gerobak, 50 pedagang pikulan dan 14 mobil. Dari cara memasarkannya ini ia bertujuan untuk menjaring konsumen dari taraf  bawah hingga atas.

Roti yang mempunyai kualitas bakery ia jual di ketiga tokonya sedangkan yang pikulan khusus untuk berkeliling daerah yang sulit dijangkau oleh kendaraan. Dan ia juga berencana membuatkan usahanya menjadi waralaba.

Tahun 1982 ia mengawali bisnis rotinya, dengan modal Rp 10 juta.  Walau pada mulanya ia tak tahu apa-apa wacana roti namun sesudah ia bergabung di baking school selama 2 minggu, beliau bisa meningkatkan pengetahuannya untuk mengolah roti dengan baik.

Supaya sanggup menuruti jenis selera para konsumen ia melaksanakan observasi secara rutin. Cara-cara yang ia gunakan untuk meningkatkan kualitas rotinya ialah dengan mengunjungi pemilik bakery ternama di kota Jakarta bahkan mendatangi karyawan untuk mengintip belakang layar pembuatannya.

Reza tidak hanya mempunyai satu bisnis saja namun beliau juga mempunyai toko grosir “Haji Malik” di daerah Jatinegara, dan juga sebagai seorang distributor, yang perbulannya  menghabiskan hingga 15 ribu bal tepung terigu. Tidak hanya itu ia mempunyai sebuah perusahaan di bidang penyaluran tenaga kerja Indonesia ke luar negeri namun bisnis yang beliau gemari hanyalah perjuangan roti.

Ia yakin baking school bisa membantu para calon pengusaha yang berjalan pada bidang tepung sanggup meningkatkan kreatifitas dan kemampuan mengolah dengan baik.

Kunci Sukses Reza Malik
a.     Mempelajari semua teknik menciptakan roti dengan serius.
b.     Observasi selera konsumen secara bertahap
c.      Menggunakan bermacam-macam cara dalam menjaring konsumen
d.     Senang dengan pekerjaannya
: 4.5
4.     Kisah Sukses Pengusaha Keripik Sukun
Seorang pengusaha keripik sukun yang berhasil meraup untung yang fantastic. Yaitu mencapai  Rp 50 juta tiap bulannya. Usaha ini di pegang oleh Hasnah seorang perempuan asal Manggar, Belitung.

ali ini tiba dari Abidin Hasibuan seorang atasan SN Pendidikan -  5 Kisah Sukses Pengusaha (Wirausaha) Indonesia

Bisnis ini ia rintis mulai tahun 1996.  Jangan salah, walau cemilan ini bukan hal yang gres namun penganan ini sangat di gemari banyak orang.  Gurih, renyah dan rasa yang  tidak membosankan  itulah yang menjadi alasan mengapa cemilan ini menciptakan banyak  orang  menggemari cemilan ini.

Untuk itulah Hasnah membuatkan bisnis ini, sebab menurutnya walau tak banyak tapi pasokannya cukup stabil.  Ia berinovasi dalam pembuatan produk kripiknya ini, diantaranya kripik sukun jenis biasa, kripik sukun jenis lebar, dan stik.

Dalam perbedaan pembuatannya yaitu, jikalau kripik biasa dan  stik dari buah yang renta  sedangkan kripik sukun yang lebar terbuat dari buah yang masih muda.
“Bagian dalam buahnya dijadikan materi pembuatan stik sedangkan belahan luar dijadikan materi pembuatan kripik jenis biasa”, jelasnya.

Saat ini Hasnah sanggup menciptakan 500 bungkus kripik perharinya. Merk produk nya ia beri nama Nuansa Baru dengan dipatok harga Rp 15.000-Rp20.000/bungkus.

Sayangnya ia hanya memasarkan produknya hanya sekitar daerah Bangka dan Belitung saja.. Karena  pasokan buahnya tergantung dengan ekspresi dominan dan tidak rutin. Itulah alasannya mengapa ia hanya bisa memasarkan di wilayahnya tersebut. Jika persoalan itu bisa teratasi maka Hasnah sanggup merambah ke daerah yang lebih luas apalagi produknya ini sanggup bertahan hingga 3 bulan lamanya.

Begitulah cerita orang sukses yang ada di Indonesia yang berasal dari kota Belitung. Pengusaha kripik sukun yang bisa menghasilkan Rp 50 jutaan per bulannya.

Usaha cemilan yang biasa ini bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan  seperti Ibu Hasnah asal kota Belitung ini. Ia membuatkan produknya dengan banyak sekali varian yang menarik biar konsumen tidak merasa bosan.


5.     Kisah Sukses Pengusaha Black Burger Indonesia
Profil pengusaha sukses kali ini yang lahir 23 tahun kemudian , Rinanda Halfi atau biasa dipanggil Halfi. Ketika akan membuka usaha, Halfi mengalami pengalaman yang menarik.

ali ini tiba dari Abidin Hasibuan seorang atasan SN Pendidikan -  5 Kisah Sukses Pengusaha (Wirausaha) Indonesia

Bermula dari kecelakaan kendaraan beroda empat yang mengharuskan beliau untuk mengganti uang yang dikumpulkan mahasiwa yang ketika kecelakaan itu diambil warga. Karena tidak tahu bagaimana mengganti uang tersebut, Halfi memutuskan untuk membuka usaha. 

Mulanya ia mencoba membuka bisnis kaos tapi malah merambah ke perjuangan masakan yang ia beri nama”BLACK BURGER” yang kini setiap bulannya meraup untung 60 juta.

McDonald’s dan Burger King ialah pola dari pelaku absurd pendiri perjuangan masakan siap saji Burger. Karena burger ialah salah satu masakan yang banyak diminati oleh masyarakat. Inilah alasan Halfi mengapa beliau mendirikan Black Burger. Dia juga menciptakan perubahan pada burger yang dikelolanya biar siap bersaing dengan pelaku asing.

Namanya saja Black Burger, sudah niscaya rotinya berwarna hitam. Warna hitam ini  berasal dari pewarna alami yaitu buah kluwek. Inilah yang menjadi pembeda dari burger-burger lain. Yang membedakan lagi ialah rasa daging yang diberi cabai rawit dan daun jeruk yang khas Indonesia.

Bisnis yang digeluti Halfi ketika  berada di semester 7 Fakultas Komunikasi Unpad  tepatnya pada tahun 2010 kemudian . kini sudah mempunyai 28  varian burger dengan 3 macam rasa : hot,manis,original dan mempunyai 2 outlet . harga per potong  dari Black Burger itu sendiri dari Rp.12.000 hingga Rp.30.000 .

Halfi juga menambah varian burger dari tempe dan nasi untuk para pelanggan yang vegetarian. Ada 5 karyawan yang dipekerjakan Halfi di 2 outletnya di Bandung. Dulu beliau juga membuka outlet didaerah bogor, tapi sebab penjualan kurang baik jadinya ditutup.  2 Outlet yang dimiliki oleh Halfi di daerah Bandung  menghasilkan keuntungan  hingga 20-60 juta perbulannya

Kesuksesan yang Halfi peroleh tidak lepas dari sebuah kendala. Ia pernah tertipu oleh rekan kerjanya sendiri. Baginya ini bukanlah persoalan materi akan tetapi ini merupakan wangsit yang dicuri.

Pengalamn yang menciptakan Halfi kini lebih berhati-hati dalam menentukan kawan kerja. Sebelum membentuk kerjasama ia mengadakan perjanjian terlebih dahulu. Harapan Halfi kedepan ialah ingin jadi competitor berpengaruh di Burger King dan McDMimpi di Indonesia.

Begitulah cerita pegusaha sukses kali ini, yang mengisahkan wacana seorang pengusaha masakan siap saji yang sangat unik Black Burger. Inovasi dan Kreatifitas sanggup menciptakan segala hal menjadi lebih menarik.

Semakin banyak penemuan yang di buat maka semakin sepakat kualitas produk di mata konsumen namun dalam bidang masakan rasa ialah hal yang harus diutamakan.



Sumber :
https://tarbiyatulathfal15.blogspot.com//search?q=kebudayaan-bangsa-indonesia
http://kisahsukses.info/hasnah-seorang-pengusaha-keripik-sukun.html
https://cepiburhan.wordpress.com/2013/02/26/kisah-orang-sukses-di-indonesia-pengusaha-black-burger-indonesia/

0 Response to "Pendidikan - 5 Dongeng Sukses Pengusaha (Wirausaha) Indonesia"