Latest News

Pendidikan - 15 Manfaat Renang


 sudah dimulai semenjak zaman watu atau semenjak masa prasejarah yang berkembang di banyak sekali neg Pendidikan -  15 Manfaat Renang

A.  Sejarah Renang

Sejarah olahraga renang sudah dimulai semenjak zaman watu atau semenjak masa prasejarah yang berkembang di banyak sekali negara di belahan dunia.

Hal ini diketahui dengan adanya lukisan dan gambar-gambar kuno yang ditemukan di gua tempat Wadi Sora sebelah barat daya Mesir.

Olahraga renang juga berkembang di Eropa yaitu di Yunani dan bangsa Romawi yang menganggap renang sebagai salah satu faktor penting dalam latihan keprajuritan bangsa romawi.

Nicolas Wymann merupakan seorang profesor Jerman yang menulis dan membukukan catatan wacana renang modern untuk pertama kalinya pada tahun 1538.

Pada tahun 1800 dibuat kolam renang untuk yang pertama kali di Jerman dan Australia sebagai tempat berlatih oleh para prajurit.

Pada ketika itu renang mulai dimasukkan ke dalam matapelajaran di sekolah-sekolah keprajuritan.

Teknik renang gaya bebas mulai dipopulerkan oleh Arther Trudgen pada tahun 1873.

Trudgen menerima wangsit dari gaya renang bangsa Indian di Amerika.

Trudgen menggandakan dan mempopulerkan gaya bebas yang digunakan oleh bangsa Indian, sehingga gaya bebas juga dikenal sebagai gaya Trudgen.

Pada tahun 1902 Richard Cavil menyempurnakan gaya bebas yang dipopulerkan oleh Trudgen dengan menambah kombinasi gerakan tendangan kaki untuk menambah kelajuan tubuh pada ketika berenang.

Richard Cavil terinspirasi dari gaya renang bangsa Indian Amerika dan mengembangkannya di kepulauan Solomon.

Pada tahun 1908 dibuat federasi renang tingkat dunia untuk pertama kalinya yaitu Federation Internationale de Natation de Amateur atau Federasi Renang Amatir Internasional.

Pada waktu itu renang gaya kupu-kupu masih menjadi belahan dari renang gaya dada sebagai variasi.

Barulah pada tahun 1952 gaya kupu-kupu terpisah dari renang gaya dada dan bangun sendiri sebagai renang gaya kupu-kupu

Sejarah renang mencatat renang mulai diperlombakan pada 36 tahun sebelum masehi oleh kaisar Suigui di Jepang.

Di Eropa renang mulai diperlombakan pada tahun 1800an dan hampir semua pesertanya menggunakan renang gaya dada.

Olahraga renang diperlombakan dalam Olimpiade modern pertama kalipada tahun 1896 Athena, Yunani.

Olimpiade Athena mempertandingkan empat nomor yaitu 100 meter, 500 meter, 1.200 meter,untuk renang gaya bebas bebas, dan 100 meter bagi para pelaut

Perlombaan renang untuk perempuan mulai diadakan pada tahun 1912 dalam Olimpiade di Stockholm, Belanda.

Pada ketika itu hanya memperlombakan renang gaya bebas dengan nomor bebas.


B.  Gaya Renang

1.   Renang Gaya Bebas
Perlengkapan renang antara lain :
1.   Kaca Mata Renang
Dalam olahraga renang kacamata memang sangat penting digunakan biar mata tidak terasa perih dan menyebabkan iritasi pada ketika berenang didalam air.

Selain itu juga dengan leluasa melihat garis didasar kolam biar ketika berenang bisa lurus.Bagi yang penglihatannya minus,sekarang sudah ada kacamata renang khusus minus.

2.   Baju Renang
Sekarang banyak sekali model baju renang yang dijual dipasaran. Ada yang model sexi , dan ada yang model rapat,dan ada juga untuk anak kecil maupun bayi.

Pakaian renang sudah didesain sedemikian rupa untuk mempermudah melaksanakan gerakan dengan nyaman.

Bagi yang sedang hamil harus menggunakan pakaian renang khusus hamil.

3.   Celanan Renang
Celana renang khususnya untuk laki-laki pada ketika renang harus menggunakan celana renang, sebab dengan menggunakan celana renang tidak akan menggangu pergerakan anda.

4.   Kaki Katak
Kaki katak ialah salah satu alat bantu yang digunakan dibagian kaki.Pada ketika melaksanakan gaya renang bebas,pastinya akan melaju lebih cepat dengan menggunakan kaki katak.

5.   Ban
Ban biasanya banyak digunakan oelh belum dewasa untuk berenang,selain itu ban juga bisa untuk membantu mengapung diair dan sebagai alat penolong.

6.   Hand Paddle
Kegunaan Hand Paddle untuk melatih dan memperkuat tangan,dan biasanya digunakan untuk renang gaya bebas.

Cara memakainya dengan memasukkan telapak tangan kedalam hand paddle dan mulailah segera untuk berenang.

7.   Pull Boy
Alat ini biasanya digunakan untuk berguru gaya kupu-kupu yang berfungsi untuk membantu kaki yang sering karam ketika kita gres berguru gaya kupu-kupu.

Dengan menggunakan alat ini kaki bisa terangkat keatas.Cara menggunakanya dengan menjepit pull boy pada paha dan mulailah berlatih gerakan gaya kupu-kupu

8.   Papan Pelampung
Papan pelampung ini biasanya digunakan para pemula untuk berguru mengapung dan meluncur.

Selain itu juga digunakan untuk berguru gerakan kaki gaya katak maupun gaya bebas.

9.   Penutup Kepala
Kegunaan tutup kepala pada olahraga renang untuk melindungi rambut dari air kolam renang yang kurang sehat.

Khususnya bagi yang mempunyai rambut yang panjang dengan menggunakan penututp kepala rambut tidak akan mengganggu ketika melaksanakan pergerakan renang.

D.  Manfaat Renang

1.   Mengurangi Resiko Arthritis
Arthritis merupakan peradangan menyakitkan pada sendi yang menjadikan kekakuan sendi.

Renang merupakan olehraga yang paling dianjurkan untuk mengurangi resiko Arthritis.

Hal ini sebab renang merupakan olahraga yang menggerakkan semua belahan tubuh namun tidak terlalu memberi beban dan ketegangan pada sendi.

Pada ketika berenang berat beban anda akan menjadi ringan daripada ketika tidak berada di dalam air.

Rheumatoid Arthritis merupakan salah satu tipe Arthritis yang memerlukan terapi renang untuk mengurangi rasa sakit pada sendi.

Para jago lebih menganjurkan penderita Rheumatoid Arthritis untuk rutin berenang daripada harus mengonsumsi obat-obatan.

2.   Bisa Memiliki Umur Panjang
Menurut studi yang dilakukan oleh University of South Carolina, orang yang rutin berenang setiap hari mempunyai kecenderungan lebih sehat dan tingkat kematiannya lebih rendah 50% dibandingkan orang yang tidak berenang.

Hal lain yang bisa menjadi bukti ini ialah adanya kelas renang di United States Masters Swimming untuk kategori umur 100-104 tahun, sungguh luar biasa.

3.   Kebugaran Jantung
Olahraga renang juga berfungsi untuk melatih kekuatan jantung, Renang membantu melancarkan sirkulasi jantung ketika memompa darah dan mengirimkannya keseluruh belahan tubuh.

Olahraga ini merupakan aerobik untuk melatih kardiovaskular. Sebuah penelitian menerangkan bahwa orang-orang yang rutin latihan renang selama 12 ahad mempunyai peningkatan pada jumlah darah yang dipompa / stroke valume sebesar 18 %.

4.   Membentuk dan Menguatkan Otot
Manfaat renang bagi tubuh selanjutnya ialah menguatkan otot otot triceps (otot yang terletak dibagian belakang lengan).

Peningkatan massa oto triceps ini bisa mencapai 23,8% jikalau rutin berenang dalam delapan ahad atau lebih.

5.   Melatih Keseimbangan dan Kelenturan
Dengan berenang berarti melatih kelenturan otot kaki dan tangan, bisa jugga mencoba beberapa gaya renang dengan resiko yang tidak terlalu tinggi dibandingkan olahraga lain.

Keseimbangan juga merupakan manfaat yang diperoleh dari hasil latihan rutin.

Orang yang rutin berenang niscaya akan mempunyai keseimbangan yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak berenang.

6.   Menjaga Berat Badan
Renang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga cukup ampuh untuk menjaga berat tubuh ideal.

Cukup dengan berenang selama satu jam bisa mengkremasi 100 – 200 kalori, tentu saja dengan pertimbangan seberapa efisien cara berenang yang dilakukan.

Kalori yang dibakar tergantung dengan rutinitas latihan, semakin rutin maka renang bisa mengkremasi kalori lebih baik dibandingkan dengan olahraga lain menyerupai bersepeda.

7.   Relaksasi
Jika merasa jenuh atau stress dengan rutinitas kerja , coba berenang di kolam dan nikmati waktu santai untuk menyegarkan tubuh dan pikiran.

Ketenangan air cukup manis untuk kesehatan mental anda apalagi ketika mulai menggerakkan tubuh untuk melepaskan tegangan otot atau sendi, tubuh akan merasa lebih fit dan bugar kembali.

Usahakan untuk berenang di kolam yang tidak terlalu ramai biar relaksasi berjalan dengan sempurna.

8.   Mengurangi Resiko Asma
Manfaat renang bagi tubuh yang lain ialah mengurangi resiko asma, hal ini dikarenakan renang sangat membantu dalam melatih pernapasan sehingga paru-paru menjadi lebih sehat dan melatih pernapasan lebih teratur.

Salah satu olahraga yang sanggup melatih pernafasan dan memperkuat nafas ialah berenang.

Olah raga air menyerupai berenang membutuhkan pernafasan yang berpengaruh biar bisa menyelam dalam waktu yang lama.

Sistem kerja pernafasan secara sendirinya akan terlatih menjadi lebih panjang ketika berenang.

Gerakan pada berenang ini juga mencakup seluruh otot anggota gerak tubuh jadi berenang secara teratur dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru menjadi lebih lancar yang penting untuk menunjukkan pernafasan lebih panjang.

10.       Meninggikan Badan
Salah satu tips yang paling penting dalam upaya anda meninggikan tubuh ialah dengan berenang.

Selain basket, berenang ialah salah satu jenis olahraga yang paling efektif untuk menciptakan tubuh anda lebih tinggi dibandingkan dengan olahraga lainnya.

Dari banyak sekali penelitian renang menempati urutan teratas dalam upaya menunjukkan tinggi tubuh yang optimal.

11.       Bentuk Tubuh Ideal
Berenang sangat efektif dalam membentuk tubuh yang ideal terutama Bisep.

Berenang juga memungkinkan semua anggota tubuh bergerak dengan sempurna, dengan berenang maka bisep akan terbentuk lebih sempurna.

Tentu otot di belahan tangan dan kaki juga akan terbentuk secara alami.

12.       Menurunkan Berat Badan
Berenang ialah olahraga yang paling efektif untuk mengkremasi kalori dan lemak dalam tubuh, dengan rutin berenang maka sanggup menurunkan berat tubuh dengan mudah.

Setidaknya telah banyak masyarakat dan individu yang memanfaatkan berenang untuk menurunkan berat tubuh dalam tubuhnya dan kesudahannya sangat efektif.

13.       Menurunkan Risiko Terkena Diabetes
Berenang juga sangat efektif untuk menghindari dari terkena diabetes, olahraga ini sangat efektif untuk menurunkan dan mengkremasi kalori dan lemak serta gula dalam darah biar anda terbebas dari diabetes.

14.       Alternatif Terapi Ketika Cidera
Banyak atlet yang cidera diminta untuk menjalankan terapi berenang untuk mempercepat penyembuhan cidera yang mereka alami.

Tentu anjuran ini harus menurut dari undangan dari terapist dan dihentikan dilakukan tanpa pengawasan ahli.
Rehabilitasi dengan berenang dalam menyembuhkan cidera sudah banyak dilakukan banyak sekali atlet sepak bola, basket, sampai atlet badminton.

15.       Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh
Berenang akan melatih pergerakan kaki, tangan, kepala, dan seluruh anggota tubuh lainnya.

Orang yang rajin berenang akan mempunyai tubuh yang lebih fleksibel untuk banyak sekali gerakan.


0 Response to "Pendidikan - 15 Manfaat Renang"